Bahagianya Gadis Cilik Kenia dan Kayla, Hafal 30 Juz Alquran Dihadiahi Umrah

Wajah bahagia nampak terlihat dari 2 bocah perempuan bernama Nur Syahwa Syaqila alias Kayla (9) dan Kenia Alisyahputri (9). Keduanya mendapat hadiah umrah ke tanah suci setelah menghafal 30 juz Alquran.

Kayla dan Kenia bisa dikatakan hidup dengan serba kekurangan, fisik maupun materil. Kayla memiliki keterbatasan dalam indera penglihatan (tunanetra). Untuk menghafal surat demi surat di dalam Alquran, dia hanya mengandalkan murottal VCD Player disertai bimbingan dari ayah dan neneknya.

Sedangkan Kenia, meski fisiknya sempurna, namun ia adalah salah satu korban gempa di Palu, Sulawesi Tengah, beberapa waktu lalu. Meski dari keluarga tak ada korban jiwa, namun rumahnya hancur rata dengan tanah.

Kini, sejak kejadian itu, Kenia pun diasuh oleh Pondok Pesantren Tarbiyatul Falah di daerah Bogor.

Kayla dan Kenia dapat hadiah umrah gratis

Saat Okezone berbincang dengan Kayla dan Kenia, keduanya turut di dampingi oleh Listifa, pemilik Travel Safar Arroyyan Travelindo yang memberinya hadiah umrah. Nampak pula orang tua mereka mengikuti manasik haji di salah satu ruangan hotel Grand Zuri sebagai persiapan pemberangkatan tanggal 24 Desember 2018 nanti.

"Saya menjadi hafiz untuk memotivasi anak-anak di Indonesia agar mencintai alquran. Kalau cita-cita, ingin jadi dosen bahasa Arab biar bisa mengajar Alquran. Pertama, belajarnya dari rekaman murottal, dibimbing sama ayah, sama nenek juga," ucap Kayla, Senin (10/12/2018).

Hal senada dituturkan Kenia, dia mulai menghafali alquran sejak usianya masih 6 tahun. Tiap hari dia menghafal setengah halaman dari tiap lembar alquran, kemudian bertambah menjadi 1 halaman, dan terakhir dia sanggup menghafal 5 halaman sekaligus dalam sehari.

"Saya dibimbing tiap hari sama ibu untuk menghafal. Kalau cita-cita saya ingin jadi guru agama, saya ingin anak-anak muslim Indonesia mencintai Alquran," ujarnya.

Kayla merupakan putri dari pasangan Muhammad Saban dan Amriyana. Sedangkan Kenia, adalah putri dari Muhamad Budiarto dan istrinya Verawati. Rupanya, kedua bocah hafiz Alquran ini pernah ikut dalam audisi Hafiz Indonesia yang disiarkan stasiun televisi RCTI.

"Kalau aku tembus sampai babak 8 besar saja, tapi kalau Kenia, dia masuk posisi 28 besar di acara itu," imbuh Kayla.

Sementara, pemilik Travel Safar Aroyyan, Listifa, mengungkapkan, bangga melihat kemampuan dan prestasi Kayla dan Kenia. Di mana, pada usianya, telah hafal 30 juz Alquran. Apalagi, dua bocah itu terlahir dengan segala kekurangannya masing-masing.

"Ini masya Allah, dengan kekurangan yang ada keduanya mampu menghafal alquran. Mereka dari keluarga tak punya. Kita yang sempurna fisiknya saja belum tentu sanggup melakukan itu," terang Listifa terharu.

Di sela-sela perbincangan itu, baik Kayla dan Kenia sempat melafalkan salah satu surat dalam Alquran. Suaranya yang merdu disertai kefasihan membaca ayat demi ayat, menunjukkan jika keduanya tak hanya menghafal, tapi juga mendalami tuntunan cara membaca yang benar.

Kayla dan Kenia akan berangkat umrah pada 24 Desember 2018 mendatang. Mereka akan didampingi orangtuanya tanpa dipungut biaya.